Saturday, April 08, 2006

Awalnya...

Aku tuh orangnya paling suka utak-atik Linux, apalagi kalau ada distro baru yang punya fitur unik. Pertama kenal Linux aku pake RedHat 6.0 (1999), waktu itu yang ngetrend baru SuSE dan Mandrake. Tapi aku pilih RedHat karena buku-bukunya lebih banyak, jaga-jaga saja kalau ada binggungnya kan yang nolongin banyak.

Terus waktu berjalan, install macem-macem dari 3 CD RedHat itu doank. Jaman itu internet masih mahal dan lambat, mau download jadi mikir 2-3 kali. Aku jalani kehidupan Linux-ku hingga RedHat 8.0 saja. Setelah 'cerai' dengan RedHat aku pakai Mandrake karena ada fitur urpmi yang bikin proses install lebih mudah. Pake Mandrake tidak begitu lama juga, karena aku ngerasa jadi orang banci, lah wong semuanya sudah dibikin mudah. Terus apanya yang bisa dipelajari? Tapi aku akui Mandake kalau urusan tampilan memang no. 1! Top abisss!!!

Tahun 2005 kemarin pas aku nelpon temen, dia kenalkan Ubuntu. Aku ketawa abis, soalnya namanya lucu. Malah ada yang bilang Usus Buntu :-))
Tapi cuek aja, aku coba install dan ternyata interface-nya lumayan bagus. Baru kali ini aku pakai Gnome sebagai default desktop environment, biasanya sih pake KDE atau BlackBox. Kesan pertama sih biasa saja, tapi pas mau install mc (midnight commander), aku kaget banget. Tinggal ketik:

$ sudo apt-get install mc

cuman gitu doank. Dalam hati aku bilang, "nah ini dia yang aku cari selama ini!"

Setelah sekian lama utak-atik Ubuntu dan menghasilkan 'karya penting' aku binggung untuk nympan dokumentasinya. Selama ini aku simpen di email, sekarang aku mau coba nulis apa yang pernah aku perbuat bersama Ubuntu di sini...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home